Rabu, 07 Juli 2010

proteksi komputer tanpa antivirus

Satu hal yang sangat menjengkelkan bagi saya terutama, jika kompy sedang kena virus..mulai dari yang “hanya” mengganggu file word sampai yang ngunci sistem dari dalam..”install ulang”, cukup banyak sekali menyita waktu.
Jika dalam sepakbola ada taktik ” pertahanan terbaik adalah menyerang” itu memang benar..tapi kenyataannya jika penyerang kita gak ada yang bisa nyerang??? nah lo..(nglanturnya jauh..^^)
kita perkuat aja pertahanan kita dengan menempatkan 5 – 6 defender sekaligus. kita hanya menunggu untuk serangan balik..
dari situ kita juga bisa terapkan didalam kompy. dari mulai menyiapkan antivirus (av ) update-an terbaru hingga proteksi-proteksi yang lainnya.
av memang tak bisa lepas dari yang namanya kompy, tapi..apa kita terus-terusan tergantung pada av,( toh nyatanya saya aja yang pake av up date-an terbaru masih juga kena virus.)
av kita jadikan saja sebagai “jurus serangan balik” pada virus^^.
untuk itu kita persiapan pertahanan yang lain, seperti :

1. Memproteksi disket atau USB flash disk kita
Jika terpaksa memasukkan kedalam kompy yang terserang virus, kita bisa mensetting
disket atau flash disk kita menjadi “read only” ( tidak semua flash disk menyediakan layanan ini).
2. Hati-hati terhadap file attachment
Nah, bagi yang doyan berkirim email hati-hati dengan yang satu ini, uda banyak sekali korban nya. scanlah terlebih dahulu file tersebut sebelum di buka. tapi hal tersebut juga tidak bisa menjamin 100% aman dari virus, sapa tau tu virus lahirnya belakangan dari av-nya..
3. Jangan sembarangan mengklik file yang mencurigakan
ada folder bertuliskan foto tapi file typenya bukan folder melainkan foto.exe wah bisa dipastikan de tu emang virus ^^, jadi intinya berhati-hatilah pada file yang terlihat aneh bagi anda.
4. Me-Non aktifkan windows scripting host
Kebanyakan virus yang saat ini beredar menggunakan visual basic (vb), jika kita menon aktifkan windows scripting host, ya..setidaknya kita uda memperkecil serangan virus yang pake vb.
5. Pake deepFrezee
Ni cara yang mungkin cukup terbilang ampuh juga. DeepFrezee, layaknya sebuah makanan yang uda kita buka, maka ia kita tutup kembali pake bungkus yang rapat. sehingga kuman, lalat tidak akan hinggap ke atasnya. ( ^^ ! ). intinya dalam kompy kita sistem c: kita frezee atau kita bekukan.

jadi cukup satu kata ” Hati-hati ” :) ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar